English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean

Tentang Pompa

Yah, postingan ini berawal pada saat saya mengikuti salah satu interview dari sebuah perusahaan engineer. Jadi interviewer bertanya " Coba jelaskan tentang pompa?". Sebelumnya saya tahu , tetap karena sudah 2 bulan tidak mengutak-atik ilmu teknik , ya ..butuh upgrade lagi..,, . Maka dari itu, pada postingan ini saya mencoba membagi ilmu tentang pompa. Alat ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Hampir kebanyakan baik industri ataupun rumahan menggunakan alat ini.Yah, pompa adalah jenis dari mesin fluida yang digunakan untuk memindahkan fluida dari satu fluida ke fluida yang lain. Sehingga ada 2 bagian yaitu bagian suction dan discharge yang memiliki perbedaan tekanan. Umumnya untuk skala rumahan, pemilihan pompa menjadi bagian penting sesuai kebutuhan. Ada berbagai macam type pompa yang terdapat di pasaran dari berbagai merek. Maka dari itu, sebagai konsumen kita harus dapat memlih pompa sesuai dengan kondisi lingkungan misalnya kedalaman air, diameter dari sumur dll. 

Umumnya jenis pompa yang sering digunakan adalah jenis jet pump dan sentrifugal. Untuk saat ini saya akan fokus untuk menjelaskan tentang pompa sentrifugal dan jet pump. Bentuk dari pompa ini seperti rumah keong yang terdapat bagian suction dan discharge. Sifat dari pompa ini adalah memindahkan energi pada kipas pompa dengan pembelokkan aliran. Kapasitas yang dihasilkan pompa sebanding dengan putaran , sedangkan total head sebanding dengan pangkat dua dari kecepatan putar. Pada pompa sentrifugal terdapat 2 bagian yaitu yang bergerakdan tidak bergerak. Pada bagian yang bergerak biasanya terdiri dari impeler, poros dan lain-lain sedangkan bagian yang tetap terdiri dari casing, packing dll. Impeller pada pompa adalah suatu bagian yang mengubah energi mekanik (energi pada sudu-sudu impeller) diteruskan kepada daya pompa dan akibat adanya efesiensi (adanya kerugian gesekan cairan) karena perubahan arah aliran pada sudu-sudu impeller. 

Sedangkan pada jet pump, Sifat dari jenis ini adalah sebagai pendorong untuk mengangkat cairan dari tempat yang sangat dalam. Perubahan tekanan pada noozle merupakan media yang digunakan untuk menaikkan tekanan dari kedalaman tertentu ( umumnya untuk kedalaman >15 m). Media yang digunakan dapat berupa cairan maupun gas. 





Artikel Menarik Lainnya: