English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean

Qualified Engineer



Dalam postingan saya kali ini, saya mencoba untuk menjelaskan karakter, sifat yang sepatutnya ada bagi seorang engineer agar dapat unggul dan bersaing dengan engineer lainnya khususnya dari luar ( Jerman dan jepang selalu memiliki stok yang banyak soal ketersediaan engineer). Kemajuan teknologi sebuah bangsa ditentukan oleh kecakapan seorang engineer di dalam menyelesaikan maslah dan menemukan terobosan-terobosan baru bagi negaranya :

1. Visioner
Hal ini ditunjukkan untuk memberi arti pada kerja dan usaha sehingga seorang engineer harus mampu memberi arahan atau makna pada kerja atau usaha yang dilakukan. Ini berorientasi pada peningkatan suatu kultur budaya kerja dan bersikap inovatif dalam memberi makna kerja. Seorang visioner harus memahami lingkungan luar dan memiliki kemampuan bereaksi secara tepat atas segala peluang-peluang yang ada di depan mata.

2. Komunikasi
Kemampuan seorang engineer dalam berkomunikasi menjadi hal yang mutlak dalam menyampaikan ide serta gagasan-gagasan. Melalui kemunikasi yang baik tentunya akan terjadi transfer ilmu pengetahuan dan pengembangan pola pikir ( apalagi bisa berkomunikasi dengan berbagai bahasa). Komunikasi akan menjadi penilaian tersendiri pada seseorang jikalau mampu menyampaikan dengan jelas, runut dan tepat sasaran. Ketika engineer berada pada posisi dimana harus berkomunikasi dengan bawahan maupun atasan, ilmu komunikasi akan menjadi modal untuk berinteraksi. Pola interaksi antara bawahan dengan atasan tentunya berbeda. Kecakapan pada skill ini akan membatu tentunya, apalagi  berkomunikasi dengan orang awam, dengan pemerintah,.. mau tidak mau kita akan dihadapkan pada kondisi yang demikian. Di dalam bukunya Malcolm dikatakan bahwa kemampuan berkomunikasi seseorang itu memerlukan jam terbang. Semakin tinggi jam terbangnya maka akan semakin baik komunikasinya. Dengan bersosialisasi, berkumpul dan berdiskusi adalah salah satu cara mudah bagi kita mempertajam ilmu berkomunikasi. Pahami, kasih masukan, dengerkan akan secara naluriah mampu membuat kita berkomunikasi dengan mudah pada seseorang.

3. Kreativitas
Kreativitas tidak harus selalu membuat sesuatu yang baru. Kelamaan tentunya, tetapi apabila dilakukan secara tekun dan percaya diri, akan dapat menciptakan suatu kreativitas. Teringat akan hal Sir Alva Edison saat menciptakan lampu. Lebih dari ribuan percobaan dilakukan untuk mendapatkan material yang sesuai untuk lampu. Kreativitas membentuk susunan pola pikir yang terintegrasi untuk berbuat, bertindak dan bersikap. Menambah nilai tambah dari suatu barang itu juga disebut kreativitas. Banyak anggapan seseorang kreativitas harus sesuatu yang baru.. yang baru...yang baru...

4. Leadership
Cara, sistem, metode kepemimpinan tiap-tiap orang berbeda. Semakin sering seseorang memimpin semakin tajam karakter kepemimpinannya. Kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan memahami lingkungan luardan kemampuan bereaksi secara cepat terhadap pelaung menjadi dasar menjadi seorang pemimpin. Pemimpin identik dengan pengaruh, tanpa adanya kemampuan kuat untuk mempengaruhi sulit untuk meyakinkan kita layak menjadi pemimpin. Bagaimana caranya ??? Kekeluargaan dan profesionalisme. 2 hal ini harus seirng , sejalan . Ada kondisi dimana harus bersikap profesional, tentunya ada terget yang mesti di capai. Ada situasi kita harus secara serius dna ada kondisi kita meningkatkan rasa kekluargaan.
Banyak hal , banyak kesempatan dan waktu untuk berubah dan mencari Nilai tambah,.. upgrade ilmu, umgrade pengalaman akan menjadi  modal kuat untuk menjadi seorang enginerr yang kuat.
Hidup Engineerrrrr..

 

Artikel Menarik Lainnya: